Trik Aman Berkendara di Tanjakan

Berkendara di wilayah pegunungan dengan kontur jalan mendaki, ditambah dengansituasi yang macet, umumnya menjadi momok pengendara. banyak pengemudi yang mundur ketikaakan melaju lagi.Momen seperti ini sering terjadi, apalagi untuk mobil type manual yang mesti menginjak dan melepaskopling bebarengan dengan rem. Lantas bagaimana cara mudah dan benar saat ingin melaju kemablisetelah berhenti di tanjakan?

Berikut tipsnya:

Pertama, diwaktu melintasi tanjakan dengan keadaan lalu lintas padat atau macetgunakan gigi rendah, yakni 1 manual( atau L (matik). Tujuannya supaya mobil senantiasa mendapatkantorsi dan tenaga optimal.

Kedua, jangan melintasi tanjakan dengan cara setengah kopling atau menggantung kaki pada kopling.memang cara ini bisa dilakukan, malahan akan membuat kopling dapat segera panas, apalagi bisasampai jebol, jelas Marcel Kurniawan, Training And Development Manager real Driving Centre, Jakarta. setengah kopling hanya dimanfaatkan saat start atau sejak mulai berjalan saja.

Masalah yang lain,bagaimana bila terpaksa berhenti di tengah tanjakan?setelah mobil berhenti (baik manual atau matik), segera tarik atau tekan rem tangan (hand brake) ataurem parkir (parking brake). setelah itu, taruh gigi di posisi netral (N) dan angkat kaki dari pedal rem. Pedal rem yang diinjak dalam waktu lama menciptakan proses pelepasan panas untuk permukaanpiringan cakram menjadi tidak merata. lantaran, bagian cakram yang ditekan oleh kampas rem akankesulitan untuk melepas panas sehingga tekstur piringan menjadi tidak rata.

 

Info pemesanan Daihatsu Makassar

  • TELP : 0852 1145 6299
  • WHATSAPP : 0852 1145 6299
  • BBM : D4EB3F53
  • vikakurniawanc@gmail.com

 
PT. JUJUR JAYA SAKTI
VIKA CAHYA RAMADHAN
TELP : 0852 1145 6299
WHATSAPP : 0852 1145 6299
BBM : D4EB3F53
vikakurniawanc@gmail.com
Chat
Telfon