Haram Hukumnya Rotasi Diagonal Pada Ban Yang Simetris

Melakukan rotasi ban mobil, ialah salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk mengirit pengeluaran membeli ban baru. biasanya karena ada dua ban saja yang sudah aus dan sang pemilik ingin membuat kadar keausannya sama untuk melakukan penggantian satu set.

teknik rotasi pun umumnya dilakukan dengan cara diagonal. Ban kiri bagian belakang biasanya dipindahkan ke bagian kanan depan dan sebaliknya. begitu juga dengan ban sebelahnya. Namun anda patut waspada jikalau anda menggunakan tipe ban simetris atau yang di lengkapi dengan arah 'Rotasi' lalu terdapat tanda panah.

menurut penjelasan Technical Support Fast, Muksin, bahwa arah rotasi yang terdapat di logo ban, itu tidak cocok untuk system rotasi diagonal. kalau posisinya di sebelah kanan ya rotasi bannya juga mesti ditempatkan di sebelah kanan.

kalau diberlakukan rotasi diagonal, maka itu akan mengubah arah pemakaian ban. Kembangannya bisa kita lihat menuju ke satu titik dan ini adalah ciri-ciri ban dengan desain simetris. Ban ini umumnya menganut konsep high performance lantaran bentuk pembuangan air atau celah-celah kembangannya besar-besar. Itu juga penyabab ban ini lebih nyaman dipakai saat kondisi jalan basah," klaim Muksin.

Muksin melanjutkan bahwa selain ciri-ciri yang paling mudah dikenali dari ban yaitu titik alur kembangan yang cenderung menuju ke satu titik, sifat lain ialah terdapat logo arah rotasi ban di tirewall. Arah rotasi inilah yang seharusnya menjadi panduan para bengkel untuk tidak melakukan rotasi diagonal.

lalu apa efeknya jika rotasi diagonal tetap dilakukan? Muksin memaparkan bahwa performa dan bantingan mobil tidak akan nyaman. Mengingat arah rotasi ban terbalik. apabila dalam pemakaian dengan kecepatan rendah, kemungkinan masih takkan terasa. saat digunakan di kecepatan tinggi, maka efeknya baru akan terasa.

Sumber : otomotif.metrotvnews.com

 
PT. JUJUR JAYA SAKTI
VIKA CAHYA RAMADHAN
TELP : 0852 1145 6299
WHATSAPP : 0852 1145 6299
BBM : D4EB3F53
vikakurniawanc@gmail.com
Chat
Telfon