4 Tips Menjaga Kondisi Kanvas Kopling Mobil

Kanvas kopling mobil merupakan bagian dari peralatan mobil yang masa pemakaiannya cukup tahan lama, pada umumnya bisa berkisar sekitaran 4 tahun atau lebih kurang ketika telah mencapai 40.000 km, namun terkadang banyak orang yang melakukan penggantian kanvas kopling sebelum mencapai masa pemakaian pada umumnya, yaitu kisaran 3 tahun atau mungkin 30.000 km telah mengganti kanvas kopling mobilnya dengan berbagai alasan, salah satunya sudah tidak berfungsi dengan wajar ataupun rusak.

Sebenarnya, faktor penyebab dari kerusakan kanvas kopling ini bukanlah semata-mata karena kanvas kopling yang jelek, namun bisa disebabkan karena cara pemakaian atau cara mengemudi yang salah.

Berikut adalah beberapa kesalahan kecil yang sering dilakukan dan tips untuk menjaga kondisi kanvas kopling mobil anda agar tetap baik.

4 Tips Menjaga Kondisi Kanvas Kopling Mobil

  1. Terlalu sering melakukan penginjakan pedal kopling (setengah kopling) pada saat lampu merah atau pada saat jalanan macet di tanjakan. Lebih baik anda menggunakan rem tangan dan netralkan persneling.
  2. Hindari meletakkan kaki kiri di bagian pedal kopling, Terkadang posisi kaki kita yang terletak di atas pedal kopling dapat memberikan tekanan ke pedal kopling secara tanpa kita sadari. Hal ini akan menyebabkan terjadinya gesekan pada kanvas kopling secara terus menerus.
  3. Pijaklah dan lepaskanlah pedal kopling dengan halus dan perlahan-lahan ketika anda ingin mengganti gigi mobil anda. Jangan melepaskan pedal kopling secara mendadak.
  4. Janganlah menggunakan transmisi gigi 3 atau 4 pada saat anda mengemudi dengan kecepatan yang rendah. Gunakanlah transmisi gigi yang normal sesuai petunjuk di buku manual.

 
PT. JUJUR JAYA SAKTI
VIKA CAHYA RAMADHAN
TELP : 0852 1145 6299
WHATSAPP : 0852 1145 6299
BBM : D4EB3F53
vikakurniawanc@gmail.com
Chat
Telfon