Kenali 5 Perbedaan antara Ban Biasa dan Ban Tubles

Ban tubeless merupakan sebuah ban yang memang didesain untuk tidak menggunakan ban dalam. Berbeda dengan ban biasa, ban biasa atau biasa disebut dengan tube wajib dipakaikan ban dalam untuk bisa berjalan menggelinding di jalan raya. Ban tubeless memiliki lapisan sendiri untuk menampung udara sehingga dapat digunakan tanpa harus dipasangi ban dalam. Berikut ini adalah beberapa perbandingan dan perbedaan antara ban tube dengan ban tubeless (ban dengan ban dalam vs tanpa ban dalam) :

1. Seigi Ketahanan

Ban biasa jelas lebih awet jika digunakan normal yang bisa mencapai dua tahun lebih, sedangkan ban tubles hanya bisa bertahan satu tahunan saja karena memiliki bahan kompon yang lunak.

2. Perbedaan Harga

Dari segi harga ban tubeless lebih mahal dari ban biasa karena ban tubles memiliki tambahan lapisan kuat yang kompleks. 

3. Fisik/Tampilan

Biasanya ban biasa akan terlihat kotak daripada ban tubeless yang lebih bulat bentuknya. Dengan demikian pemakai ban tubeless akan lebih mudah untuk manuver dibanding dengan sepeda motor daripada ban biasa.

4. Isi Ban

Ban tubeless bisa diisi/dipompakan dengan gas nitrogen agar suhu ban tetap stabil dingin tidak mudah panas serta rasanya ringan dikendarai. Kalau ban biasa hanya bisa diisi gas/udara yang biasa saja. Ban tubles bisa diberi cairan pelapis anti bocor untuk mengantisipasi ban bocor tiba-tiba agar kembali seperti sedia kala.

5. Perbaikan Ban Rusak

Saat ban bocor, maka baik ban tubeless maupun yang tube butuh perbaikan untuk menambal lubang tersebut di tukang tambal ban atau di bengkel. Yang jelas secara umum, memperbaiki ban tubeless lebih mahal biayanya jika dibandingkan dengan ban biasa. Ban tubles ditambal dari bagian dalam, sedangkan pada ban biasa, harus dikeluarkan dulu ban dalamnya untuk ditambal.

 
PT. JUJUR JAYA SAKTI
VIKA CAHYA RAMADHAN
TELP : 0852 1145 6299
WHATSAPP : 0852 1145 6299
BBM : D4EB3F53
vikakurniawanc@gmail.com
Chat
Telfon